7 Makanan kuliner khas Yogyakarta

7 Makanan kuliner khas Yogyakarta

Wisata kuliner selalu menjadi bagian yang paling penting ketika melakukan traveling. Setiap daerah mempunyai kuliner khas yang tidak bisa kita temui di daerah lain. Walaupun kadang bisa ditemukan di daerah lain atau bahkan di luar negeri, makan atau minum kuliner khas di daerah asalnya selalu mempunyai kenikmatan tersendiri. Nasi Padang saja lebih terasa nikmat ketika dimakan di Kota Padang-nya, dari pada dimakan di Kota Jogja. Kalau Anda traveling ke Jogja, jangan lupa menyicipi kuliner khas Jogja. Selain wisata alam dan budaya, Jogja juga sangat terkenal dengan wisata kulinernya. Jadi, apa saja yang harus Anda cicipi ketika berada di Jogja?

Yukk simak artikel dibawah ini.

1. Gudeg


Gudeg

Makanan yang berbahan dasar nangka muda ini adalah ikon kuliner khas Jogja. Rasa asli gudeg sebenarnya manis, hal ini yang kadang tidak cocok di lidah orang luar Jawa. Namun cita rasa manisnya gudeg lebih nikmat jika dimakan dengan nasi pulen, sambal goreng krecek, dan gurihnya kuah opor ayam serta tambahan telur, tahu, atau tempe bacem. Ada dua macam jenis gudeg, yaitu gudeg basah dan gudeg kering. Perbedaannya terletak pada kekentalan santan gudeg, santan gudeg kering lebih kental dibandingkan santan gudeg basah.

2. Sate Klatak


Sate Klatak

Sate klatak merupakan sate yang terbuat dari daging kambing muda yang telah dimbumbui dan dibakar di atas bara selayaknya sate pada umumnya. Sate klatak biasanya disajikan dengan kuah gulai. Nama klatak sendiri tercetus dari bunyi klatak-klatak yang dihasilkan saat daging menyentuh panasnya arang saat dipanggang. Keunikkan lain pada kuliner ini ialah pada tusuk satenya yang digunakan bukanlah tusuk sate biasa, namun jeruji sepeda yang sebelumnya telah dibersihkan.

3. Nasi Tiwul


Nasi Tiwul

Nasi tiwul berasal dari singkong yang dikeringkan kemudian ditumbuk. Rasanya tidak kalah enak dari nasi putih, bahkan nasi tiwul bisa menjadi alternatif obat bagi para penderita diabetes. Meskipun di daerah asalnya Gunung Kidul nasi tiwul sempat dijadikan ikon kemiskinan karena sangat sederhana, kini nasi tiwul sudah populer dan diminati banyak orang.

4. Walang Goreng


Walang Goreng

Di daerah Gunungkidul makanan yang satu ini bisa dikonsumsi dan dijual belikan. Belalang disana diolah menjadi suatu cemilan dan juga bisa dijadikan lauk pendamping nasi, belalang di sini digoreng hingga kering. Meskipun terlihat mengerikan atau tidak lazim dimakan namun ternyata belalang mengandung protein yang tinggi lho. Kamu bisa menikmati cemilan unik ini hanya dengan Rp 20.000 per bungkusnya. Nah, itu tadi makanan khas Jogja yang bikin kita mendadak keroncongan. Kalau kalian berkunjung ke Jogja jangan lupa mencicipi semuanya ya!

5. Bakmi Jawa Goreg


Bakmi Jawa Goreg

Pada dasarnya, bakmi adalah makanan dengan sajian mi. Bakmi disajikan dengan campuran daging atau ayam dan sayur-mayur seperti kol. Bakmi bisa dimakan dengan kuah atau tanpa kuah alias bakmi goreng. Dahulunya, bakmi dibawa oleh pedagang-pedagang Tiongkok ke Indonesia, kemudian bakmi beradaptasi dengan rempah-rempah Indonesia. Beberapa rekomendasi bakmi jawa yang terkenal adalah Bakmi Kadin, Bakmi Mbah Mo, Bakmi Mbah Gito, Bakmi Jombor, dan Bakmi Pele. Harga bakmi berkisar sekitar Rp15.000,- an.

6. Sego Kucing


Sego Kucing

Sego kucing, atau nasi kucing, adalah nasi yang dibungkus di dalam daun pisang dengan campuran ikan teri, sambal, atau tempe di bagian atasnya. Disebut dengan sego kucing karena nasi ini dibuat dalam porsi kecil, hanya beberapa kali suapan, seperti porsinya kucing. Sego kucing adalah menu utama di angkringan. Bagi mahasiswa Jogja, makan di angkringan adalah cara terbaik untuk menghemat uang saku yang pas-pasan. Beberapa rekomendasi sego kucing yang populer di kalangan masyarakat Jogja atau pun mahasiswa Jogja adalah Angkringan Lek Man, Angkringan KR, Angkringan Bonbin, Angkringan Nganggo Suwe, dan Angkringan Pendopo Ndalem. Harga sego kucing berkisar Rp1.000,- hingga Rp3.000,-.

7. Ayam Goreng


Ayam Goreng

Ayam goreng, sajian dari ayam kampung atau ayam kota yang digoreng di dalam minyak panas ini merupakan menu favorit dari berbagai kalangan. Di Jogja sendiri, masakan ayam goreng yang terkenal adalah ayam goreng kampung. Beberapa ayam goreng rekomendasi di Jogja yang tidak boleh dilewatkan yaitu Ayam Goreng Mbok Sabar, Ayam Goreng Bu Tini, Ayam Goreng Suhartini, Ayam Goreng Mbah Cemplung, dan Ayam Goreng Ninit. Harga ayam goreng ini berkisar Rp5.000,- hingga Rp100.000,-.

Semoga bermanfaat, terima kasih.

Comments