7 Makanan kuliner khas Kalimantan Selatan

7 Makanan  kuliner khas Kalimantan Selatan

Berkunjung ke Kalimantan Selatan jangan hanya menikmati pesona alamnya saja, tetapi juga ragam kuliner yang menggoda selera. Provinsi dengan ibukota Banjarmasin ini terdiri dari dua belas kabupaten dan satu kota yang di setiap daerah mempunyai kuliner khas yang kemudian menyatu ke wilayah provinsi sehingga menjadi salah satu makanan khas Kalimantan Selatan. Kalimantan Selatan yang terkenal dengan obyek wisata alam berupa laut, pantai, danau, dan gunung selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Di samping sektor pariwisata yang potensial, penduduk Kalimantan Selatan juga memanfaatka peluang usaha pada sektor kulinernya. Dari sekian banyak kuliner asal Kalimantan Selatan, oleh-oleh kuliner telah mengumpulkan  makanan khas Kalimantan Selatan yang tak perlu diragukan lagi kelezatannya.

Yukk simak artikel dibawa ini!

1. Soto Banjar


Soto Banjar

Diantara sekian banyak makanan yang ada di kawasan Kalimantan Selatan ini, makanan yang paling terkenal se antero Indonesia adalah Soto Banjar. Bahkan tidak jarang, berbagai restoran yang ada di Indonesia, terutama restoran dengan menu tradisional menyuguhkan menu yang satu ini. Walaupun di Indonesia ini banyak sekali menu soto, namun yang membedakan antara soto Banjar dengan soto lainnya adalah kuahnya yang cenderung bening. Selain itu, makanan yang satu ini paling pas jika disantap menggunkan ketupat dan juga sate, bukan nasi hangat. Sebenarnya resep soto Banjar sendiri ada 2 macam, ada yang kuahnya encer dan bening, namun ada juga yang kuahnya kental dan warnanya agak keruh.

2. Manday


Manday

Makanan khas Kalimantan Selatan berikutnya adalah Manday. Kuliner yang satu ini terbuat dari kulit cempedak, atau masyarakat setempat menyebutnya dengan Tiwadak. Cara membuat penganan ini adalah kulit cempedak akan diawetkan dengan jangka waktu tertentu. Teknik pengawetannya cukup sederhana, dimana kulit cempedak tersebut, akan dicampur dengan garam, kemudian dimasukkan ke dalam wadah yang tertutup rapat. Lama pengawetannya sendiri tergantung selera, biasanya semakin asam semakin nikmat. Kuliner yang satu ini biasanya dimasak dengan cara digoreng, namun ada juga yang memasak dengan cara di bakar atau bahkan digulai. Untuk memasak gulai cempedak ini, biasanya ditambahkan beberapa rempah tertentu, untuk menyempurnakan rasa asam dari kulit cempedak tersebut.

3. Sate Tulang


Sate Tulang

Untuk Anda yang menyukai panganan sate, maka Anda harus mencoba makanan yang satu ini. Sate yang berasasld ari Kalimantan Selatan ini berbeda dengan kuliner sate dari daerah lainnya. ini adalah salah satu panganan khas yang paling disukai di kawasan ini. Namanya memang sate tulang, namun hal ini tidak ada hubungannya dengan tulang. Sate ini terbuat dari sisa bagian tubuh ayam yang tidak terpakai, seperti bagian kulit, jahe, dan juga lemak. Semua bahan-bahan tersebut, akan digiling beserta bumbu merah atau masyarakat setempat menyebutkan dengan bumbu habang (karena didominasi denga cabai). Untuk rasa, makanan ini tidak terlalu pedas, bahkan ada campuran rasa manis.

4. Lemang


.Lemang

Makanan lain yang tidak kalah khas dibandingkan makanan Kalimantan Selatan Lainnya adalah lamang. Sebagian dari Anda mungkin sudah pernah mengenal atau bahkan merasakan kuliner yang satu ini. Kuliner khas Kalimantan Selatan ini dimasak di dalam seruas bambu. Bahan utama untuk membuat lamang adalah beras ketan. Untuk lamang Kandangan, biasanya dihidangkan bersama sambal sate, yang terbuat dari bahan kacang tanah, cabai merah dan juga kemiri. Untuk penyajiannya, biasanya lamang dipotong dan ditata di tengah piring, kemudian disiram bumbu sate, dan ditambahkan telur asin, dan kacang nagara yang sebelumnya sudah dimasak dengan bumbu kareh. Rasa lamang, adalah gurih, kenyal, namun tidak alot.

5. Dodol Kandangan


Dodol Kandangan

Kandangan adalah nama kota yang terletak di kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Kota yang sekaligus menjadi ibukota kabupaten Hulu Sungai Selatan ini mempunyai makanan khas yang terkenal, seperti dodol kandangan. Dodol kandangan merupakan dodol terenak yang dimiliki oleh Kota Seribu Sungai. Dodol satu ini termasuk makanan khas Banjarmasin yang paling sering dibeli sebagai oleh-oleh para wisatawan. Dodol yang berasal dari Kandangan berbeda dengan dodol di tempat-tempat lain. Setiap orang yang sudah pernah mencoba dodol kandangan menuturkan kalau dodol kandangan mempunyai tekstur yang lebih legar dan lembut. Bukan hanya itu, dodol kandangan juga mempunyai rasa yang tingkat manisnya pas. Para wisatawan yang ingin membeli dodol kandangan bisa datang ke pusat oleh-oleh atau langsung ke tempat produksinya yang berada di kabupaten Hulu Sungai Selatan.

6. Nasi Itik Gambut


Nasi Itik Gambut

Rata-rata makanan khas Kalimantan Selatan memang paling banyak berasal dari Banjarmasin. Seperti di daerah Gambut yang menjadi daerah penyangga kota Banjarmasin dan Banjarbaru terdapat kuliner khas berupa nasi itik. Nasi itik gambut disebutnya, adalah kuliner berupa nasi putih yang dihidangkan bersama lauk itik dengan bumbu habang atau bumbu merah khas Banjar. Satu porsi itik gambut biasanya dibungkus menggunakan daun pisang. Cara penyajian yang identik dengan masakan Sunda atau Jawa ini membuat nasi itik gambut mudah diterima hingga berbagai lapisan masyarakat. Nasi itik gambut sendiri bisa ditemukan di warung-warung yang banyak berjejer di sekitaran kota Banjarmasin, terutama di daerah Gambut.

7. Ampam Batil


Ampam Batil

Para wisatawan yang datang ke Banjarmasin untuk menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga harus menjajal kue apam batil, terutama untuk mereka yang sudah mempunyai anak, dijamin anak-anak mereka akan menyukai kue khas Kalimantan Selatan ini. Kue apam batil atau orang Banjar menyebutnya surabi adalah kue yang menjadi warisan nenek moyang suku Banjar. Apam batil biasanya dimakan dengan tangan alias bakucau dalam bahasa Banjar. Kue apam batil yang menurut sebagian penduduk Banjar berasal dari Hulu Sungai Selatan adalah kue yang terbuat dari tepung terigu. Kue apam atau apem batil mungkin tidak sepopuler kue donat atau bolu, tapi untuk rasanya boleh diadu, apalagi jika dimakan bersama kuah gula aren, akan double nikmatnya. Kue yang menjadi kesukaan anak-anak Banjar ini paling sering dimakan pagi hari atau oleh umat Muslim dijadikan menu berbuka puasa.

Semoga bermnafaat, terima kasih.



Comments