10 Makanan kuliner khas manado

10 Makanan kuliner khas manado

kini berbenah dan semakin menarik wisatawan untuk mengunjunginya. Ambisi Pemerintah Sulawesi Utara untuk mendatangkan turis Tiongkok hingga 1 juta orang mampu membuat pariwisata di Manado dan sekitarnya bergeliat. Tak afdol rasanya jika datang ke Manado hanya untuk menikmati alam, budaya dan kerahaman warganya tanpa mencicipi kuliner khasnya. Makanan khas Manado terkenal dengan cita rasa pedas dan bumbu khas yang menggoda selera. Sajian kuliner eksotis dari tanah nyiur melambai ini kebanyakan berbahan dasar yang diperoleh dari kekayaan hasil laut Manado. Jika anda berencana berlibur ke Manado, tidak ada salahnya untuk membaca ulasan berikut ini agar tidak kebingungan saat akan berburu sajian kuliner makanan khas Manado besok.

Berikut daftar lengkap kuliner Manado yang bisa anda coba :

1. Tinutuan

Tinutuan

Ini yang pertama, masakan khas Manado yang sudah sangat tersohor. Tinutuan merupakan makanan yang dibuat dari campuran berbagai sayuran hijau, dimasak dengan bubur beras dan labu kuning. Sangat cocok disantap sebagai sarapan. ni salah satu makanan hotel berbintang.

2. Cakalang fufu

Cakalang fufu

Ikan cakalang (Katsuwonus pelamis) atau tongkol putih yang diasapi (fufu) merupakan salah satu menu khas di Manado. Ikan yang masih segar dan langsung diasapi ini kemudian diolah menjadi berbagai menu. Salah satu olahan paling enak adalah cakalang fufu saus, atau diolah menjadi cakalang fufu santan. Sajian menu ini sangat lezat disantap saat masih panas. Banyak warung makan tradisional yang menyajikan menu cakalang fufu. Jika ingin membawa pulang, bisa mendatangi pasar tradisional atau ke jembatan Sario. Di sana banyak penjual cakalang fufu yang siap di-packing untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

3. Sambal roa

Sambal roa

Ini adalah salah satu sambal khas Manado lainnya. Sangat khas, karena dibuat dari cabe yang dicampur dengan ikan roa (sejenis ikan terbang) yang sebelumnya diasap hingga kering sekali. Ikan roa yang dicampur dengan cabe itu sebelumnya ditumbuk menjadi sangat halus, lalu dimasak dengan sedikit minyak. Adonan dicampur dengan cabe rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, garam serta gula, kemudian ditumis. Sambal roa sangat cocok menjadi pelengkap kala menyantap tinutuan. Jangan heran jika sambal roa harganya lumayan mahal.

4. Nasi kuning

Nasi kuning

Berbeda dengan nasi kuning di daerah lain, nasi kuning khas Manado mengandalkan pelengkapnya berupa irisan ikan cakalang, serta daging sapi yang diolah dalam bentuk irisan kecil-kecil. Telur rebus juga menjadi pelengkap serta ditaburi berbagai bumbu lainnya. Nasi kuning khas Manado sering disajikan atau dibungkus di daun woka (sejenis janur). Di Wakeke juga banyak disajikan menu nasi kuning selain tinutuan. Tetapi yang paling terkenal adalah nasi kuning di Kampung Kodo atau di Rumah Makan Saroja dan Rumah Makan Selamat Pagi. Jika malam hari, puluhan penjual nasi kuning bertaburan di Komo, yang membuka lapak hingga subuh.

5. Nasi jaha

Nasi jaha

Nasi jaha mudah ditemukan di Manado karena hampir setiap rumah makan menyediakan menu nasi jaha ini. Cara memasak nasi jaha cukup unik, beras dan ketan awalnya dimasukkan ke dalam sebilah bambu kemudian dibakar hingga beras di dalam bambu menjadi matang. Setelah itu nasi jaha siap untuk disantap.

6. Kacang goyang

Kacang goyang

Makanan ringan khas Manado satu ini merupakan makanan wajib dalam setiap hajatan warga Manado. Kacang goyang merupakan kacang atom yang dibalut dengan terigu kemudian dilumuri dengan gula sehingga warnanya menjadi bermacam-macam dan menggugah selera. Salah satu daerah penghasil kacang goyang di Manado adalah di daerah Kotamobagu.

7. Ikan tude

Ikan tude

Ikan tude merupakan sejenis ikan kembung, namun rasanya lebih gurih daripada ikan kembung. Ikan ini diolah dengan cara digoreng ataupun dibakar, dan disajikan dengan sambal dabu-dabu Manado. Sungguh kenikmatan yang hakiki.

8. Tinoransak

Tinoransak

Kuliner tinoransak dari Manado dibuat dari daging babi yang dibumbui dan dimasukkan ke dalam buluh bambu. Ada rahasia dalam mengolahnya, agar warnanya tidak rusak, biasanya orang Manadoakan memasukkan sedikit darah sebelum dipanaskan. Tinoransak saat ini selain diolah dari daging babi juga diolah dari daging sapi atau kambing dan bahkan ayam, sehingga umat muslim dapat menyantapnya dan menjadi makanan khas Manado yang halal.

9. Kue pinende

Kue pinende

Kue tradisional khas Manado ini berbahan dasar sama dengan jenis kue Manado lainnya. Ditambah dengan siraman sirup gula merah di bagian atasnya membuat kue pinede ini cocok dijadikan cemilan manis di sore hari.

10. Pampis

Pampis

Masakan tradisional dari Manado ini merupakan olahan ikan cakalang yang disuwir dengan tambahan bumbu khas Manado. Pampis beda dengan cakalang fufu. Jika cakalang fufu diasapi, maka pampis tidak karena dimasak sampai ke

Semoga bermanfaat, terimakasih.

Comments