10 Makanan kuliner khas jambi

10 Makanan kuliner khas jambi

Indonesia adalah negeri yang kaya. Kaya akan budaya, destinasi wisata serta ragam kulinernya yang sedap! Termasuk salah satu provinsi yang ada di Pulau Sumatra ini. Jambi adalah Propinsi yang terletak di sisi timur Pulau Sumatra yang merupakan salah satu Propinsi di Indonesia yang memiliki nama yang sama dengan Ibukotanya. Ibukota Jambi terkenal dengan budaya Melayunya yang sangat kental. Selain budaya yang sangat kental, ternyata Ibukota ini memiliki berbagai makanan khas yang beranekaragam. Jika kalian berkunjung ke Jambi, jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner-kuliner khas yang ada disana.

Berikut ini makanan khas Jambi yang wajib diburu ketika kalian berada di Kota tersebut.

1. Gandus

 Gandus

Kue Gandus dapat ditemui di daerah Jambi maupun di daerah Palembang. Namun, kue tradisional ini juga termasuk salah satu makanan khas dari Jambi. Gandus diolah dari sagu, tepung beras, santan, bawang putih, dan garam. Paduan santan yang gurih dan bumbu yang khas serta topping daun bawang, bawang goreng, potongan cabai menjadi sangat sempurna dinikmati di pagi hari.

2. Kue padamaran

Kue padamaran

Padamaran adalah nama jenis kue tradisional khas Jambi yang tergolong ke dalam kue basah, kue ini terbuat dari bahan seperti tepung beras, kuah santan, gula merah serta air perasan daun suji. Kue cantik berwarna hijau ini sangat enak dan manis alami dari gula merah di balik warna hijaunya. Sangat nikmat dinikmati sebagai kudapan di pagi hari.

3. Gulai tepek ikan

Gulai tepek ikan

Jika Tempoyak dan Kue Srikaya dapat ditemukan dengan mudah di Jambi, Gulai Tepek Ikan hanya disajikan pada saat momen-momen penting saja. Maklum, makanan ini dianggap bersejarah bagi sebagian besar masyarakat Jambi. Bahan utama untuk membuat hidangan ini adalah ikan gabus. Sekilas tampilan dari Gulai Tepek Ikan ini hampir sama dengan gulai ikan lainnya. Namun, tetap saja hidangan ini memiliki rasa yang khas dan berbeda. Pada umumnya, masyarakat Jambi hanya menyajikan Gulai Tepek Ikan pada saat pernikahan, kenduri, dan acara adat lainnya.

4. Nasi gemuk

Nasi gemuk

Makanan khas jambi yang kesembilan belas adalah Nasi Gemuk, Makanan ini mirip seperti nasi uduk yang ada di pulau jawa. Tidak jauh beda dengan nasi uduk, nasi gemuk juga biasanya dijadikan menu sarapan oleh masyarakat Jambi. Nasi gemuk ini juga dikenal di Singapura dan Malaysia tapi berbeda nama yaitu nasi lemak.

5. Daging masak hitam

Daging masak hitam

Satu lagi kuliner khas Jambi yang wajib untuk dicicipi ketika berkunjung ke provinsi yang jumlah penduduknya sekitar 3,412 juta orang tersebut. Tampilan dari Daging Masak Itam ini agak mirip dengan Semur Betawi. Soal rasa tentu saja berbeda, karena setiap hidangan memiliki cita rasanya masing-masing. Daging Masak Itam terbuat dari daging sapi has dalam yang diolah dengan kelapa, adas manis, kecap, kayu manis, jintan, dan pala bubuk. Rasa dari Daging Masak Itam ini sangat khas dan lezat. Makanan ini sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat.

6. Kue srikaya

Kue srikaya

Salah satu kue tradisional Jambi adalah Kue Srikaya. Kue ini terbuat dari tape yang diolah dengan santan. Kue ini diberi pewarna hijau alami dari daun pandan. Karena menggunakan daun pandan sebagai pewarnanya, tak heran jika Kue Srikaya ini memiliki aroma pandan yang harum dan menggugah selera.

7. Mie celor

Mie celor

Makanan khas Jambi yang keenam adalah Mie celor merupakan sajian khas Jambi. Mie celor ini terbuat dari adonan tepung terigu dan disajikan dengan sayuran seperi tauge dan seledri atau daun sop. Di jambi sendiri sangat mudah untuk menemui makanan yang satu ini. Karena disepanjang jalanan daerah Jambi sangat banyak pedagang yang menjual mie celor ini. Selain terkenal di Jambi, makanan ini juga terkenal di daerah Palembang, Bengkulu dan Padang. Yang membedakan mie celor jambi adalah kuahnya yang tidak sekental mie celor dari daerah lain. Memakan seporsi mie celor saja sudah membuat perut kenyang karna penggunaan tepung terigu sebagai pengganti protein.

8. Rambutan goreng

Rambutan goreng

Makanan khas Jambi yang kesembilan adalah ada rambutan goreng. Ya, seperti namanya hidangan ini merupakan rambutan yang digoreng. Cara membutanya sama seperti membuat nanas goreng. Yang jelas yang di goreng hanya daging rambutannya bukan bersama kulitnya. Sebelum membuat rambutan goreng, rambutan yang akan digoreng harus di biarkan dulu sampai kering. Setelah rambutan benar-benar kering, rambutan diolesi dengan bumbu kemudian di goreng. Sebagian orang yang pernah mencicipi makanan ini berkata jika rasanya mirip seperi buah kurma. Rambutan goreng bisa bertahana sampi 6 bulan loh. Jadi cocok banget untuk dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

9. Kerutup ikan

Kerutup ikan

Makanan khas jambi yang kesepuluh adalah memnggunakan bahan dasar ikan tawar seperti ikan gurame, ikan mas, dan ikan nila. Bahan dasar ikan tadi diolah dengan bumbu khusus dan kemudian digoreng dengan daun kunyit. Kerutup ikan sangat mudah dijumpai di rumah makan / warung – warung pinggir jalan yang ada di kota jambi.

10. Cumi cah kangkung

 Cumi cah kangkung

Makanan khas Jambi yang kedua puluh satu adalah Cumi cah kangkung, makanan ini merupakan salah satu makanan tumisan. Cara membuatnya sama seperti membuat tumis kangkung pada umumnya hanya saja ditambahi dengan daging cumi segar dan bumbu khas. Jika anda berkinjung ke Jambi jangan lupa untuk membeli makanan yang satu ini dijamin bikin nambah lagi dan lagi.


Nah, itu tadi ulasan dari makanan khas Jambi yang sangat lezat. Masih ada banyak kuliner yang wajib dicoba ketika berada di Jambi.


Comments